Wednesday, March 16, 2016

Pengantar Komputasi Modern

- Pengertian Komputasi Modern
Komputasi Modern berasal dari kata Komputasi, Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input. Data input merupakan masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem. Komputasi ini merupkan bagian perpaduan dari ilmu komputer dengan ilmu matematika. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta pengguna komputer untuk menganalisis dan memecakan masalah-masalah ilmu.

Komputasi modern tersebut bisa disebut sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi yang disimpan dalam sebuah memori komputer. Pada saat kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka akan bisa dibilang komputasi merupakan sebuah komputasi modern

- Penerapan Komputasi Modern

Dalam penerapannya komputasi modern sudah banyak digunakan dalam bidang-bidang tertenu dalam memecahkan masalah, diantaranya:

Bidang Kimia 

Computational Chemistry, penggunaan ilmu komputer untuk membantu memcahkan masalah kimia, seperti menghitung struktur dan sifat molekul. 

Bidang Geografi

Penggunaan komputasi dalam bidang ini biasanya untuk peramalan cuaca.

Bidang Fisika

Implementasi komputasi modern di bidang ini mempelajari suatu gabungan antara Fisika, Komputer Sains, Dan matematika untuk memerikan solusi pada kejadian dan masalah yang kompleks pada dunia nyata baik menggunakan simulasi juga penggunaan algortima yang tepat.

Bidang Matematika

Penerapan teknik komputasi matematika meliputi metode numerik, scientific computing, metode elemen hingga, metode beda hingga, dan lainnya.

Bidang Geologi

Pada bidang geologi teroi komputasi digunakan untuk pertambangan, sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisan bahan bahan mineral dan barang tambang yang terdapat di dalam tanah. 

Bidang Ekonomi

Computational Economics, memepelajari titik pertemuan antara ilmu ekonomi dan ilmu komputer mencakup komputasi keuangan, statistika, pemrograman yang di desain khusus untuk komputasi ekonomi dan pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi.


Sumber :

Buku mengenai Komputasi Modern

No comments:

Post a Comment