Wednesday, November 26, 2014

Desain Pemodelan Grafik

- Perkembangan teknologi pada Pemodelan Grafis 3D

Desain pemodelan grafis adalah proses untuk menghasilkan citra suatu objek baik 3D maupun 2D
yang memiliki tujuan untuk memahami desain grafis sebagai alat penyampai pesan yang estetis, komunikasi dan efisien.

berikut ini adalah perkembangan desain pemodelan grafis 3D

  • Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik
  • 1961 : Edward Zajac menyajikan suatu odel simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik komputer
  • 1963 :  Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector), mouse oleh Douglas Englebert
  • 1970 : Pierre B' eezier mengembangkan kurva B' eezier
  • 1972 : Ditayangkan film Westworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer
  • 1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer. Komputer animasi pendek,
  • 1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping
  • 1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
  • 1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
  • 1984 : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film Last Star  Fighter
  • 1986 : Pertama kalinya film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award
  • 1995 : Diproduksi film Toy Story sebagai film 3D animasi panjang pertama
  • Akhir tahun 90-an : Ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, dll.
  • Tahun 2000 : ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering

- Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis

Banyak pengaruh dalam pembuatan sebuah desain pemodelan grafis pada budaya dan teknologi, budaya digunakan sebagai sumber pemikiran dalam pengembangan desain grafis.
Di Indonesia sendiri banyak budaya yang menarik untuk dijadikan bahan pemikiran desain grafis salah satunya kerajinan kain daerah. Kerajinan ini merupakan warisan yang sangat indah sebagai sumber pemikiran dalam membuat desain grafis.


- Desain Pemodelan Grafis dari Segi Interaksi Manusia Dan Komputer

Interaksi manusia dan komputer (Human Computer Interaction) ialah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan juga implementasi antar muka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.


Bidang Studi yang berkaitan dengan IMK : 

  • Teknik Elektronika
  • Psikologi
  • Ergonomi
  • Sosiologi
  • Antropologi
  • Desain grafis dan tipografi


SUMBER:

- Referensi buku tentang desain pemodelan grafis





No comments:

Post a Comment