Friday, March 21, 2014

Pengantar Web Science

Apa sih itu Web Science? Web Science adalah gabungan dari kata Web dan Science, Web adalah suatu informasi yang di dalamnya terdapat data yang luas, bisa berupa tulisan, gambar, animasi, suara, video maupun lainya yang dikemas dalam suatu jaringan halaman (hyperlink), informasi tersebut di sebarluaskan dengan menggunakan media internet sehingga dapat di baca oleh siapa saja kapan saja dan dimana saja, web tersebut bisa bersifat statis maupun dinamis, diartikan statis bila informasi tersebut tetap dan jarang berubah, dan untuk dirubah pun hanya bisa oleh si pemilik web tersebut, sedangkan yang bersifat dinamis adalah informasi yang berubah-ubah (Up to date) dan didalamnya terdapat interaksi satu sama lain bertukar pikiran dan ide.
Sedangkan Science berarti ilmu pengetahuan atau kumpulan pengetahuan yang benar, mempunyai obyek dan tujuan, disusun secara sistematis, berkembang dengan metode ilmiah,berlaku universal dan dapat diuji kebenarannya (diverifikasi)



Web Science merpuakan kumpulan informasi ilmu pengetahuan yang berasal dari sumber yang tepat dan akurat yang di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber tersebut,
sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi tentang ilmu pengetahuan.


SEJARAH WEB


Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana dia bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik. Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).


1. Web 1.0

   Web 1.0 merupakan teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai pembaca (seperti membaca koran lewat computer, aktifitasnya hanya searching saja). Bahasa yang digunakan pada web ini masih berupa HTML saja.

2. Web 2.0

     Web 2.0 muncul sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya.

Kelebihan dari web ini adalah sebagai berikut (menurut O’Reilly media):

* The Web as Platform (Pengerjaan suatu aplikasi/tulisan dapat langsung dikerjakan di media internet tanpa harus mengerjakannya terlebih dahulu di windows desktop).
* Harnessing Collective Intelligence (Web 2.0 memiliki kinerja untuk memanfaatkan tulisan orang lain untuk mengisi konten web secara kolektif (tidak hanya webmaster yang mengisi konten sendiri), contohnya seperti youtube).

* Data is the Next Intel Inside (merupakan suatu garansi kepercayaan dari para pemberi data kepada pemilik website bahwa pada era web 2.0 data sangatlah penting dan harus di update setiap waktu).

* End of the Software Release Cycle (pada web 2.0 aplikasi software dapat langsung digunakan lewat internet/internet menjadi platform menjalankan program).

* Lightweight Programming Models (pembuatan web 2.0 menggunakan bahasa yang ringan dan mendukung pengembagan program).

3. Web 3.0

  Web ini diperkirakan akan berkembang pada tahun 2010-2020 dan saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Menurut PC magazine karakteristik dari web 3.0 adalah :

* Semantic Web (web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya sehingga informasi dapat disajikan dengan cepat dan tepat).

* The 3D Web (web dengan kemampuan visual 3D dan interaksi secara realtime).

* The Media-Centric Web (Photo, audio, dan video akan menjadi cara lain untuk mencari informasi yang kita inginkan selain keyword).

* The Pervasive Web (Web yang mudah diakses dengan berbagai cara dan alat berbeda kapan saja dan dimana saja).
Hypertext adalah suatu cara atau pola antarmuka untuk menampilkan dokumen, yaitu dapat bercabang ke dokumen lain, menurut definisi awal hypertext berarti “ branch or perform on request” yang artinya bercabang atau melaksanakan saat diminta. Yang paling banyak digunakan dalam dunia komputer adalah penelusuran antar dokumen yang disebut hyperlink.
Hypertext Markup Language adalah markup language yang dirancang untuk pembuatan halaman web yang mengandung hypertext dan informasi lain yang akan ditayangkan oleh browser. HTML digunakan untuk membuat informasi terstruktur, mudah dipahami. Pada prinsipnya HTML merupakan standart bahasa yang digunakan untuk mengatur format tampilan dokumen web, menambahkan object-object seperti image, audio, video dan juga java applet dalam dokumen HTML, mendukung hyperlink antar dokumen. Dokumen HTML dapat diakses oleh browser berdasarkan urlnya, yaitu sebuah spesifikasi standar untuk menunjukan lokasi suatu resource diinternet yang disebutkan pada browser.



 - FTP

 FTP (file transfer protokol) adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.FTP merupakan salah satu protokol internet yang paling awal dikembangkan dan masih digunakan hingga saat ini, seperti melakukan pengunduhan dan penggungahan berkas-berkas komputer antara satu sama lain.


- Arsitektur Web

Arsitektur web adalah suatu desain pendekatan dan perencanaan situs web, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Dalam hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis keuangan, desain intearksi, informasi dan desain arsitektur web.

Macam-macam Arsaitektur Web :

- Pattren
- Struts
- Codeigniter
- Soa
- Intergasi Sistem



Sumber:

id.wikipedia.org
en.wikipedia.org
http://plekenyet.blogspot.com/2011/03/pengertian-web-science.html
http://klien.indositehost.com/knowledgebase.php?action=displayarticle&id=8

No comments:

Post a Comment